Senin, 18 Maret 2013

CONTOH ICE BREAKING

Sebagai mahasiswa, kita sering dituntut untuk melakukan ice breaking disela-sela kegiatan perkuliahan. bukan hanya saat presentasi bahkan dosen dosen sering meminta salah satu dari kita untuk melakukan ice breaking di tengah tengah jam mengajarnya. Bagi sebagian mahasiswa, hal ini dirasa sangat menyenangkan bahkan banyak diantara kita meresa kebingungan ketika diminta untuk melakukannya. Kurangnya persiapan, kurangnya kreatifitas dan kurangnya rasa percaya diri terkadang membuat kita jadi bahan tertawaan didepan kelas.
Sebenarnya, apapun bisa dijadikan bahan untuk ice breaking. Termasuk kamu bernyayi nyanti nggak jelas di depan kelas, hal itu juga bisa disebut ice braking asalkan bisa mencairkan suasana. Point terpenting ketika kamu memberikan Ice Breaking adalah kamu nggak boleh minder, malu, jaim dan sebagainya. Enjoy aja gays.. kalo kamu enjoy dan percaya diri dijamin dah kamu nggak akan kehabisan bahan untuk mencairkan suasana kelas.
Yak Here ! beberapa referensi buat kamu kamu yang meresa kebingungan ketika diminta melakukan ice breaking didepan kelas. semoga bermanfaat :)

1. Fakta atau fiksi?
Meminta semua orang untuk menulis di selembar kertas TIGA hal tentang diri mereka sendiri yang mungkin tidak diketahui orang lain dalam kelompok. Dua benar dan satu tidak. Pilih beberapadiantara mereka untuk  membacakan 'fakta' tentang diri mereka sendiri dan tiga sisanya dari suara kelompok yang benar dan salah. Selalu ada kejutan. Kegiatan sederhana ini selalu menyenangkan, dan membantu kelompok dan pemimpin untuk mengenal lebih lanjut tentang satu sama lain.

2. Wawancara
Bagi orang-orang menjadi pasangan. Minta mereka untuk mengambil tiga menit untuk mewawancarai satu sama lain. Setiap pewawancara harus menemukan 3 fakta menarik tentang pasangan mereka. Minta semua orang untuk menyajikan 3 fakta tentang pasangan mereka ke seluruh kelompok. Perhatikan waktu yang satu ini, tetap bergerak bersama.

3. Nama orang itu
Dibagi menjadi dua tim. Berikan setiap orang sekedar selembar kartu. Minta mereka untuk menulis lima fakta yang diketahui sedikit tentang diri mereka sendiri pada kartu mereka. Sertakan semua pemimpin dalam game ini juga. Sebagai contoh, saya punya iguana hewan peliharaan, aku lahir di Islandia, makanan favorit saya adalah bayam, nenekku disebut Doris dan warna favorit saya adalah vermillion.
Kumpulkan kartu menjadi dua tumpukan tim. Gambarlah satu kartu dari tumpukan tim lawan. Setiap tim mencoba untuk nama orang yang memiliki kartu dari lawannya. Sebagai petunjuk sesedikit mungkin. Lima poin jika mereka mendapatkannya pada petunjuk pertama, kemudian 4,, 3 2, 1, 0. Tim dengan poin terbanyak menang. (Catatan: jika Anda memilih fakta yang paling jelas pertama, itu akan meningkatkan tingkat persaingan)

4. Di seluruh dunia
Pemimpin dimulai dengan mengucapkan nama dari negara manapun, kota, sungai, laut atau gunung yang dapat ditemukan dalam atlas. Orang di sampingnya kemudian harus mengatakan nama lain yang dimulai dengan huruf terakhir dari kata hanya diberikan. Setiap orang memiliki batas waktu tertentu (misalnya tiga detik) dan tidak ada nama dapat diulang. Misalnya - Orang pertama: London, Orang Kedua: Air Terjun Niagara, dst

5. Supermarket
Pemain pertama mengatakan: "Saya pergi ke supermarket untuk membeli Apple (atau benda lain yang dapat Anda beli di supermarket yang dimulai dengan A) Pemain berikutnya mengulangi kalimat, termasuk." A "kata dan menambahkan" B "kata.
Setiap Pemain berikutnya melafalkan kalimat dengan semua item alfabet, menambahkan salah satu sendiri. Misalnya, "Aku pergi ke supermarket dan membeli Apple, belimbing, CD, sdt.

6. Pemimpin memulai cerita dengan kalimat yang berakhir dengan tiba-tiba. Orang berikutnya kemudian harus menambah cerita dengan kalimat sendiri yang berakhir di tiba-tiba. Lanjutkan kisahnya sampai semua orang telah memberikan kontribusi. Cerita menjadi gila karena setiap orang muda menambah cerita mereka.  Misalnya, 'Kemarin saya pergi ke kebun binatang dan melewati kandang gajah ketika tiba-tiba ..... "

7. Sekali peristiwa
Tanyakan setiap orang muda untuk memikirkan baik nama dari seseorang, tempat atau sesuatu. Mintalah mereka untuk berbagi dengan anggota kelompok lainnya. Pilih salah satu dari kelompok Anda untuk memulai sebuah cerita. Namun, dalam 10 detik mereka harus menyebutkan orang, tempat atau sesuatu yang telah mereka pikirkan.

8. Drawing friends
sediakan selembar kertas. minta semua orang untuk menggambar apa saja diselembar kertas tersebut. minta mereka untuk memberikan kertas yang telah mereka gambar pada teman di sebelah kirinya. lalu minta orang ke dua untuk menggambar dikertas yang diberika temannya. gambar harus berhungan dengan gambar orang pertama. lakukan terus menerus hingga. lalu minta saah satu orang untuk membacakan atau mengarang cerita atas gambar dalam kertas yang dipegangnya.

yak demikianlah beberapa contoh ice breaking yang dapat penulis paparkan. semoga bermanfaat...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar